Skip to main content

Duralium Sentrifugal untuk Karisma

Setelah baca artikel sana sini, ternyata aplikasi kopling manual dengan memodifikasi gigi primer yang dilas itu tentunya berbahaya, berbahaya dalam jangka panjang, dimana las-lasan tersebut bisa membuat putaran kruk-as tidak stabil..

Akhirnya dapet juga informasi dari salah satu majalah otomotif ternama, disitu ditulis bahwa ada satu speedshop yang menyediakan sentrifugal dengan bahan duralium.




Menyesuaikan dengan spek yang ada, berat duralium tersebut jatuh di pilihan 6 ons alias 600gram. apa ga keentengan? tentu tidak! karena bobot duralium ini adalah hasil rapat 4 mata dengan si empu speedshop.

Update spek Karisma per februari 16 2012,

Pengapian:
Magnet (berat disesuaikan dengan duralium sentrifugal)
CDI: Powermax dualband BRT + Relay
Koil: YZ125 + Groundstrap
Busi: IU20 Denso

Kelistrikan:
Fullwave DC dengan kiprok Vixion

Pembakaran:
Superhead 27/23 BRT
Klep: Titanium (entah mereknya apa, tau beres dari BRT)
Per Klep: Sonic
Piston: Kaze os.53
Karburator: Saat pemasangan duralium masih pake std, PWK28+Main/PilotJet:120/40 (update 18feb2012)
Bearing kruk-as: SKF04

Transmisi:
Duralium Sentrifugal
Mangkok Kopling: Honda Grand
Kanpas Kopling: Honda Tiger
Per Kopling: Per Kodok
Gigi 4: 25/25
Final Gir: 15/40

Ban: delitire 80/80 16" depan belakang

Kalau dilihat dari speknya sih masih dibilang spek korek harian/touring, karena emang motor ini di design buat berangkat ngantor PP 60KM + Cornering Mania, cukup dengan CC segini ga akan naek cc lagi.. karena kalo mau naek cc mendingan ganti motor yang ccnya besar sekalian :)

Overall, yang didapet akselerasi enteng, topspeed dapet :)
Minum pertamax biru, 1 liter dapet 30km, tergantung kondisi jalanan + riding stylenya :) kalo ugal-ugalan, 1 liter bisa dapet 25km an.. keep safety aja.. bawa yang wajar dan waras tentunya..

Comments

Post a Comment

Popular Posts

Pengalaman Cabut Berkas / Mutasi dari DKI ke Daerah

Sebelumnya cek ricek BPKB motor, tahun 2003, alamat Jakarta Barat.. ga pake lama langsung browsing / googling, cari alamat samsat Jakarta Barat, yang didapat samsat di jalan gunung sahari..

Berangkat jam 7 dari tambun selatan, hari pertama puasa dengan cuaca yang ademmm... nyusur kalimalang, bypass, kemayoran dan sampe gunung sahari, sampe sana gw tanya-tanya cabut berkas, ada yang bilang lantai 2..

Sampai lantai 2, petugas cek BPKB, keperluan apa? gw jawab mau cabut berkas, katanya disitu ga bsia, kalau bayar pajak dilayani, tapi kalau cabut berkas harus ke Buku Induk (tempat dibuatnya BPKB).. memang awalnya gw rada2 ragu, setau gw daerah gunung sahari itu masuknya Jakarta Utara deh.. tapi ya sudahlah...

Melaju lewat Martadinata, jembatan tiga, jembatan dua, jelambar, truss ke daan mogot... ketemulah Samsat Jakarta Barat...


Masuk gedung, tanya-tanya cabut berkas dimana, masuklah ke lantai 2, sampai loket ditanya keperluan apa, mutasi ke kabupaten bekasi.. udah cek fisik? oh belum.. …