Skip to main content

Tips Menghindari Penipuan Jual-Beli Online

Sekarang ini marak penipu-penipu di toko online, berikut tips-tipsnya:

  • Waspada dengan Harga miring / jauh dari harga pasaran.
  • Waspada dengan Foto barang diambil dari situs lain / bukan foto asli dari hasil foto si penjual.
  • Lokasi penjual tidak wajar, tanya dahulu lokasi dimana dia berada, jangan sampai kita beritahu dulu lokasi kota kita dimana.
  • Upayakan cari penjual yang 1 kota dan selalu tawarkan untuk COD (Cash On Delivery) / Bayar di tempat / Ketemuan / Janjian di suatu tempat yang sudah disepakati.
  • Jika deal COD, jangan sendirian, upayakan ajak teman / saudara yang faham dengan barang yang akan kita beli, teliti berkali-kali barang yang ingin dibeli, jika tidak sesuai dengan yang di iklan, jangan sungkan untuk MENOLAK (pastikan sebelum bertemu ada deal MENOLAK jika barang tidak sesuai dengan di iklan agar menghindari kerugian masing-masing pihak).
  • Jika penjual berbeda kota, carilah kota yang setidaknya kita ada saudara / teman di kota tersebut dan mintalah ke teman/saudara kita untuk COD / cek info / keberadaan toko.
  • Jangan pernah mentransfer uang tanda jadi / DP berapapun dahulu sebelum anda yakin.
  • Waspadalah dengan penjual yang terlalu semangat menawarkan barang, santai saja, jika dia beralasan barang sudah banyak yang lihat / minat, lupakan saja, cari penjual lain :) (trik ini digunakan agar anda terjebak dan segera mentransfer DP / total harga).
  • Biasakan mencari barang yang diinginkan dari beberapa sumber / beberapa situs internet. 
  • Biasakan mencari tahu / info terlebih dahulu barang yang akan anda beli, kelengkapan, kekurangan dll dll.
  • Carilah informasi penjual di mesin pencari seperti google, kata kuncinya bisa dengan nomor handphonenya, nomor rekeningnya, nomor pin bb bahkan nama asli pemilik rekeningnya, karena jika dia terlibat kasus penipuan, pasti ada orang lain yang posting data tentang penipu tersebut.

Popular Posts

Pengalaman Cabut Berkas / Mutasi dari DKI ke Daerah

Sebelumnya cek ricek BPKB motor, tahun 2003, alamat Jakarta Barat.. ga pake lama langsung browsing / googling, cari alamat samsat Jakarta Barat, yang didapat samsat di jalan gunung sahari..

Berangkat jam 7 dari tambun selatan, hari pertama puasa dengan cuaca yang ademmm... nyusur kalimalang, bypass, kemayoran dan sampe gunung sahari, sampe sana gw tanya-tanya cabut berkas, ada yang bilang lantai 2..

Sampai lantai 2, petugas cek BPKB, keperluan apa? gw jawab mau cabut berkas, katanya disitu ga bsia, kalau bayar pajak dilayani, tapi kalau cabut berkas harus ke Buku Induk (tempat dibuatnya BPKB).. memang awalnya gw rada2 ragu, setau gw daerah gunung sahari itu masuknya Jakarta Utara deh.. tapi ya sudahlah...

Melaju lewat Martadinata, jembatan tiga, jembatan dua, jelambar, truss ke daan mogot... ketemulah Samsat Jakarta Barat...


Masuk gedung, tanya-tanya cabut berkas dimana, masuklah ke lantai 2, sampai loket ditanya keperluan apa, mutasi ke kabupaten bekasi.. udah cek fisik? oh belum.. …