Skip to main content

Beberapa modus penipuan melalui Toko Online ternama

Belakangan viral keluhan seseorang yang membeli sebuah unit di toko online tapi yang dikirim tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Padahal jika diinvestigasi secara detail, pembeli tidaklah tertipu melainkan TIDAK TELITI dan malas membaca deskripsi produk yang dijual. Contohnya pembeli tertarik melihat harga VGA yang harganya dibawah harga pasar, katakanlah hanya Rp. 1,300,000 padahal harga asli produk tersebut bisa mencapai Rp. 2,250,000 sampai dengan 2,500,000 misalnya.

Sayangnya si pembeli terhipnotis dengan harga yang murah tersebut, tanpa fikir panjang si pembeli langsung melakukan order dan melakukan pembayaran.

Tapi apa mau dikata, proses pembayaran berlangsung cepat, si penjual pun dengan semangat mengantarkan barangnya ke jasa ekspedisi yang sebelumnya disetujui di toko online tersebut.

Barang sampai, yang didapat hanyalah amplop berisi satu lembar BROSUR bergambar VGA. Mau tertawa tapi takut dosa. Itulah yang terjadi, pembeli pun emosi dan langsung melalukan komplain kepada toko online tersebut. Penjual pun bersikeras tidak merasa menipu konsumen, penjual memberikan keterangan kepada toko online tersebut bahwa yang dijual sesuai dengan deksripsi barang.

Pembeli pun menyerah, mengikhlaskan uangnya karena pembeli pun mengakui lalai dan "tidak sempat" membaca deskripsi produk.

Berikut tips-tips bermanfaat berbelanja online:
  • Biasakan cari referensi sebanyak-banyaknya mengenai barang yang akan anda beli, banyak sekali review-review produk di youtube dan sebagainya.
  • Teliti membaca judul serta deskripsi produk yang akan anda beli
  • Setiap toko online menyediakan ulasan-ulasan atau diskusi produk terkait, jangan bosan untuk membaca ulasan atau testimoni produk tersebut, karena disitu anda bisa melihat keluhan-keluhan dari konsumen dan lain sebagainya
  • Gunakan fitur urutkan berdasarkan harga termurah atau tertinggi
  • Hindari transaksi pribadi melalui aplikasi seperti WA, misalnya anda hanya diarahkan untuk transaksi di WA dengan alasan toko online tersebut padat dsb. Segera anda tinggalkan penjual seperti ini.

  • Baca juga : Modus penipuan jual beli online via medsos

  • Terakhir, pilihlah barang sesuai dengan budget.


Comments

Popular Posts

Pengalaman Cabut Berkas / Mutasi dari DKI ke Daerah

Sebelumnya cek ricek BPKB motor, tahun 2003, alamat Jakarta Barat.. ga pake lama langsung browsing / googling, cari alamat samsat Jakarta Barat, yang didapat samsat di jalan gunung sahari..

Berangkat jam 7 dari tambun selatan, hari pertama puasa dengan cuaca yang ademmm... nyusur kalimalang, bypass, kemayoran dan sampe gunung sahari, sampe sana gw tanya-tanya cabut berkas, ada yang bilang lantai 2..

Sampai lantai 2, petugas cek BPKB, keperluan apa? gw jawab mau cabut berkas, katanya disitu ga bsia, kalau bayar pajak dilayani, tapi kalau cabut berkas harus ke Buku Induk (tempat dibuatnya BPKB).. memang awalnya gw rada2 ragu, setau gw daerah gunung sahari itu masuknya Jakarta Utara deh.. tapi ya sudahlah...

Melaju lewat Martadinata, jembatan tiga, jembatan dua, jelambar, truss ke daan mogot... ketemulah Samsat Jakarta Barat...


Masuk gedung, tanya-tanya cabut berkas dimana, masuklah ke lantai 2, sampai loket ditanya keperluan apa, mutasi ke kabupaten bekasi.. udah cek fisik? oh belum.. …